August 1, 2010

ACT Bangun Sekolah Indonesia di Gaza

GAZA (ACT) - Aksi Cepat Tanggap mendapat hak pengelolaan tanah seluas 5000 meter persegi di Bait Lahiya, Gaza Utara, untuk pendirian Sekolah Indonesia. Pemerintah dan warga Gaza menyambut antusias rencana pembangunan sekolah tersebut.

Relawan ACT, Bayu Gawtama dari Gaza melaporkan, kepastian pemberian tanah tersebut disampaikan Kementerian Pendidikan dan Pendidikan Tinggi Palestina melalui Jamaal Abd Al Baari, Director Design and Supervision, di kantor Kementerian Pendidikan dan Pendidikan Tinggi Palestina, Rabu (28/7/2010) siang waktu setempat. Kabar itu disampaikan kepada dua relawan ACT yang sudah sepekan lebih berada di Gaza, Imam Akbari dan Bayu Gawtama.

Jamaal menyampaikan, pihaknya dengan senang hati menyambut rencana program ACT dan masyarakat Indonesia untuk membangun sekolah di Gaza, sebab ratusan sekolah sudah hancur dan sebagian besar rata dengan tanah akibat serangan militer Israel pada Januari 2009 lalu. Pemerintah Palestina kesulitan untuk membangun kembali sekolah-sekolah yang hancur lantaran keterbatasan dana dan akses bantuan dari luar. Akibatnya, banyak anak-anak yang tidak dapat melanjutkan sekolah, sebagian lagi harus mengikuti jadwal pergantian jam sekolah karena keterbatasan sarana pendidikan.

“Karena sekolah kami terbatas, maka jadwal sekolah harus dibuat menjadi dua pergantian jam sekolah,” terang Ahmed Al Najjar, Direktur Hubungan Internasional Kementerian Pendidikan Palestina.

Rencananya, Sekolah Indonesia yang akan dibangun terdiri dari 24 ruang kelas, ruang kepala sekolah, ruang guru, dapur, mushola, lapangan olahraga, area publik, perpustakaan dan ruang laboratorium komputer.

“Ini merupakan sekolah besar standar UNESCO,” ujar Jamaal setelah menjelaskan disain sekolah.

“Apakah boleh kami menggunakan nama SEKOLAH INDONESIA untuk gedung sekolah ini?” tanya Imam Akbari kepada Jamaal maupun Ahmed Al Najjar.

“Tentu saja, ini penting buat kami jika ada bantuan dari saudara-saudara muslim Indonesia. Kami sangat senang jika memang benar namanya tertulis SEKOLAH INDONESIA,” tegas Jamaal.

Bagi Jamaal, Ahmed dan kebanyakan masyarakat Palestina tahu persis bahwa Indonesia adalah negara dengan pemeluk agama Islam terbesar di dunia. Namun Tim ACT juga menjelaskan bahwa sumbangan dari masyarakat Indonesia ini juga berasal dari masyarakat non muslim.

“Indonesia memang negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, namun sumbangan untuk pembangunan Sekolah Indonesia ini juga didukung oleh masyarakat Indonesia lainnya,” ungkap Imam Akbari, Vice President Program ACT.

Selanjutnya, pihak Kementerian Pendidikan Palestina akan memberikan surat keterangan penggunaan tanah seluas 5000 meter persegi itu sebagai bukti bahwa ACT sudah mendapat izin untuk membangun sekolah.

Ketika tim ACT berkunjung ke Bait Lahia, masyarakat kota tersebut ikut menyambut senang rencana pembangunan sekolah di Bait Lahia. Bait Lahia adalah salah satu kota di Gaza Utara yang sering menjadi sasaran serangan militer Israel.

Ini merupakan langkah awal rencana pembangunan Sekolah Indonesia, perlu dukungan dan kerja keras, kerja sama dari seluruh masyarakat Indonesia untuk mewujudkan bukti peduli bangsa ini pada bangsa Palestina sebagai bangsa yang mencita-citakan kemerdekaannya.

Salurkan wujud peduli anda ke rekening: BCA 676 030 0860, Mandiri 101 000 563 4264, BSM 101 000 5557, Muamalat 304 002 3015 semua a/n Aksi Cepat Tanggap. (*)

Post a Comment

-Be nice there
-Ask something? Just ask in the box of things
-U smile, I smile

Cute Spinning Flower Pink