April 7, 2011

Cinta itu Berjuta Makna!


Karena cinta yang pahit menjadi manis
Karena cinta tembaga menjadi emas
Karena cinta endapan menjadi anggur murni
Karena cinta kesedihan menjadi obat
Karena cinta si mati menjadi hidup
Karena cinta raja menjadi budak

Cinta…
Cinta itu manis bagai gula. Cintalah yang membuat dunia begitu indah. Dalamnya lautan dan luasnya samudera menjadi tak berarti karena cinta. Cinta membuat semua orang yang lemah menjadi sosok yang begitu perkasa. Sebaliknya, orang yang sangat perkasa menjadi orang yang sangat lemah dan tak berdaya karena cinta…

Karena cinta Arsy bergetar tatkala sahabat Nabi Sa’ad bin Mu’adz sang kekasih Allah wafat di medan jihad. Karena cintalah Bilal bin Rabah kuat menahan siksaan yang dahsyat dari majikannya, Umayyah, di tengah terik matahari. Karena cintalah seorang Handzalah meninggalkan istri di malam pertamanya untuk memenuhi seruan jihad dari Rasulullah. Karena cintalah Napoleon Bonaparte berlutut di hadapan Margareth Josephein, Napoleon yang terkenal dengan julukan ‘singa padang pasir’ dan gagah berani di medan pertempuran tidak berdaya di hadapan seorang wainta. Apakah cinta itu, bagaimana ia begitu berperan dalam kehidupan manusia?

Cinta itu berjuta makna

Cinta itu indah, romantic, mesra, setia, rasa memiliki? Sulit? Kaga bisa? Dih…kasian deh lo haha sekarang gue tanya, apa itu cinta?

Kata romeo, cinta adalah deguban hati ketika nama Juliet terucap. Kata pujangga, cinta adalah penerimaan dan pengorbanan. Kata angin, cinta adalah hembusan kelembutan nan semilir. Kata bunga, cinta adalah seharum anyelir. Kata matahari, cinta adalah kerinduan akan datangnya pagi. Kata burung, cinta adalah nyanyian mengiringi terbitnya matahari. Kalo kata Anita (gue), cinta adalah kebiasaan yang paling sulit tuk dihentikan dan paling sulit tuk dipuaskan hehe..
Aduhai…puitis kali kau nak!

Yah…seperti itulah cinta. Berjuta makna dan berjuta rasa. Bener kagak? By the way, lo pernah kaga jatuh cinta? Kalo uda pernah, coba apa arti cinta menurut lo? Jangan-jangan lo juga kagak ngerti apa itu cinta? Aduh…payah nih! Padahal tiap hari lo bilang ‘I love you’ sama doi. Berarti lo cuman ‘ngegombal’ doang dong…?!? Hehehe…

Bukan hal yang mudah memang mendefinisikan cinta, karena cakupannya yang luas. Ada cinta kepada suami, anak, kekasih (hihi), orang tua, harta, hingga cinta kepada Allah dan Islam. Karena obyek cinta yang berbeda-beda maka proyeksi cinta dapat mengambil bentuk yang berbeda pula.

Misalnya saja, burung yang membahasakan cintanya kepada naknya dengan menyuapkan makanan ke dalam mulutnya. Matahari membahasakan cintanya kepada bumi dengan cara menyinari secara terus menerus hingga menjadikan tumbuh tumbuhan hidup dan bumi terang hingga lo enggak kegelapan. Suami membahasakan cintanya kepada istrinya dengan membawakan hadiah atau sekedar mengecup lembut di keningnya. Remaja membahasakan cintanya pada kekasihnya dengan apel rutin tiap malam minggu atau memberikan hadiah pada hari ulang tahunnya.

Ada yang mengatakan cinta itu sabar. Cinta itu mencerminkan kesabaran dalam segala hal, tidak memburu waktu. Cinta juga diartikan sebagai emosi yang mendalam dan vital yang merupakan hasil hubungan erat yang signifikan dengan orang lain. Ada juga yang mengartikan bahwa cinta itu balik hati dan tidak sombong. Cinta menghormati perasaan orang lain, cinta mendapat kepuasan dengan membuat orang lain bahagia serta memiliki sikap melayani terhadap orang lain.

Menurut psikologi, O’Sullivan dan O’Leary, cinta merupakan aspek penting dalam kehidupan dan merupakan penyebab terjadinya bermacam-macam hubungan interpersonal. Dengan alasan cintalah banyak pria dan wanita mejalin hubungan yang membawa mereka hingga ke jenjang pernikahan.

Kahlil Gibran mengatakan bahwa cinta adalah keindahan sejati yang terletak pada keserasian spiritual. Cinta adalah setu-satunya kebesaran di dunia ini karena ia begitu tinggi mengangkat jiwa, dimana hokum-hukum kemanusiaan dan kenyataan alam tidak mampu menemukan jejaknya.

Cinta adalah bentuk penyatuan rasa rindu di hati. Kerinduan merupakan bara dan kobaran api cinta yang bersemayam di dalam hati orang yang mencinta, maka itulah yang mendorongnya untuk berdekatan dan berhubungan dengan orang yang dicintai. Ibn Ar-Rumy melukiskan hal ini dalam syairnya,


Ku ingin memeluknya di saat hati sedang merindukan
Adakah kedekatan setelah kami saling berpelukan
Ku cium mesra agar kerinduan itu sirna
Keinginan untuk bertemu semakin membara
Kobaran di hati belum jua terobati
Kecuali setelah dua hati saling mengisi

Sedangkan menurut Dr. Muhammad Qarni, cinta adalah himpunan nilai-nilai kemanusiaan yang menjelma di dalamnya makna hakiki dari kata “manusia”. Manusia yang tidak mampu mencintai akan kehilangan makna sebagai manusia. Karenanya, hilangnya cinta adalah kehancuran bagi wanita tapi bagi cowo hilangnya cinta adalah sebuah pengalaman.

Nah…itulah cinta. Seabrek pengertiannya. Sebenernya banyak banget pengertiannya tapi kalo ditulis semuanya yaaah…gue yang pegel ngetiknya haha :P dan yang pasti lo semua bakal bosen yaa? Lagi pula blog ini bukan kamus cinta cin!

Arti kata cinta berubah sesuai dengan apa atau siapa yang menjadi obyek cinta. Cinta antara ibu dan anak sangat berbeda dong artinya dengan cinta sepasang kekasih n’ so on. Lain dari itu semua, pasti deh butuh cinta. Cinta itu memang luar biasa. Yah intinya cinta itu laku dijual! :o cape deh haha…

Post a Comment

-Be nice there
-Ask something? Just ask in the box of things
-U smile, I smile

Cute Spinning Flower Pink