April 15, 2011

Tatapan Mata Cewek-Cowok


Menurut penelitian Allan Barbara Pease, jangkauan pandangan mata cewek tuh lebar banget, lebih dari 180 derajat. Karena itu, wanita dapat melihat sekeliling secara sekilas tanpa harus memutar kepala.

Jadi, bila kamu pria, lalu cewek gebetanmu gak pernah secuil pun melayangkan pandangan matanya ke arahmu, jangan ke-CR-an terus. Belum tentu dia cuek ama kamu. Mungkin aja dia sering “curi-curi pandang”. Ini karena wanita dapat melihat sekeliling tanpa harus memutar kepala. Hanya dengan melihat sekilas, cewek udah mampu ngeliat “sasaran”!


But… Walo bisa ngeliat sekeliling dengan mudah begitu, pandangan mata cewek itu “kurang tajam”. Pandangan matanya cenderung “buta arah”. Makanya jangan heran deh… klo hang out ke mall bareng ce-es-nya, cewek tuch lebih mudah hafal isi mall. Cumaa… ya itu… hafalnya mah hanya isinya, bukan tata letaknya. Coba klo diminta ngasih arahan, umpamanya “Di gerai mana kau beli HP-mu ini?” yang ada juga gini jawabannya “Pokoknya deket food court deh.”
Kalo kita ngedapetin jawaban kayak gitu dari cewek, maklumi ajal lah! Kalo emang butuh pergi ke tempat itu, ajak aja si cewek untuk kembali ke situ dan nunjukin lokasinya. Dengan mudah dia dapat menemukan tempat tersebut.
 
Now… what about men?? Oke… let’s talk about men.
Klo cowok niy, jangkauan pandangan matanya “sempit” (terfokus) seperti terowongan, sekitar 45 derajat atau kurang. Dengan terfokus gitu, mata cowok berusaha ngeliat “sasaran” secara tajam, termasuk ketika ngeliat cewek, he he he….

ginanjar.jpg

Nah, kalo kamu wanita, lalu ada cowok menatap wajahmu tanpa berkedip, jangan ke-GR-an terus. Belum tentu dia naksir kamu. Mungkin aja terfokusnya tatapan matanya pada wajahmu itu hanyalah untuk mengenali perbedaan antara dirimu dan cewek-cewek lain. Bila cuma ngeliat sekilas, sulit bagi cowok buat segera ngenali dirimu.

Kalo cuma liat sekilas-sekilas aja, kayaknya semua cewek tuh sama di mata cowok. Makanya, untuk mengenali apakah yang dilihatnya itu benar-benar dirimu ataukah kuntilanak, kaum pria mungkin perlu memfokuskan pandangannya ketika menatap dirimu. (Penulis buku ini sadis, ya? Masak, cewek semanis kamu dibanding-bandingin ama kuntilanak. Hiiiii….)

But… Kalo kamu cowok TERLALU terfokus ketika menatap cewek, ati-ati! Jangan sampai terjerumus ke dalam “zina mata”. Untuk menghindarinya, berikut ini beberapa saran dari M. Shodiq Mustika & Aisha Chuang, Gaul Gaya Rasul (Jakarta: Qultum Media, 2006), hlm. 52-57:

  • Supaya tidak terkagum-kagum pada dayatarik seksualnya, fokuskan pengamatan kita pada penampilan non-seksualnya apabila kita memandang lawan-jenis.
  • Setiap kali terpikat pada dayatarik seksualnya, lekas2lah alihkan pandangan ke arah lain sampai gejolak birahimu reda.
  • Ketika kau kewalahan meredam nafsu syahwat, segera “alihkan perhatian” ke hal-hal lain yang bersifat non-seksual. Umpamanya: sepakbola, berita politik, dialog bisnis, eksplorasi flora dan fauna, dan sebagainya.

Post a Comment

-Be nice there
-Ask something? Just ask in the box of things
-U smile, I smile

Cute Spinning Flower Pink